‘Daun’, Juarai Lomba Lukis Tingkat Internasional


Verena bersama lukisan juaranya

Cerme (portalgresik.com) Siswa gemblengan sanggar lukis ‘Daun’ mendapat The Silver Prize atau juara 2 pada IE-NO-HIKARI Asociation ” The 18 th Annual World Children’s Picture Contest” Februari 2011. Karyanya berjudul Women Farmers Going to Work, dengan teknik melukis langsung dari plototan tube cat  dan sapuan jari jemarinya.  Siswi yang berprestasi itu adalah Verena Julia Utomo.

Sebelumnya dia juga menjadi finalis pada lomba yang sama pada event 18 th International Children’s Painting Competition on the Environment for Asia-Pasific Region (UNEP) With title of ” Friend’a of the Earth” Januari 2009.

Pada The 18 th Annual World Children’s Picture Contest itu, Verena menyisihkan hampir 28 ribu peserta dari seluruh dunia.

Menurut Arik Wartono, pendiri sekaligus guru pembimbing pada Sanggar Daun, Verena yang masih duduk di bangku SLTP kelas 2 ini, memang cukup berbakat dalam menuangkan ide-idenya pada bidang gambar. Sudah berbagai jenis teknik melukis dan berbagai aliran dikuasainya.

“Dia cukup terampil menyapukan kuas diatas kain kanvas, atau menorehkan krayon diatas kertas gambar.  Sehingga kami hanya memberikan sedikit sentuhan saja”, kata Arik menjelaskan.

Sehingga lanjut Arik, pihaknya hanya membimbing untuk penguatan dalam pengambilan tema dan pemberian warna.

Sementara  di lain sisi, menurut  Arik Wartono, hampir setiap ada kontes lukis atau gambar di luar negeri, siswa-siswa dari Sanggar Daun yang beralamatkan di perumahan Banjarsari Cerme ini selalu mendapatkan juara,

“Desember kemarin 2 siswa saya dapat juara 1 dan 2 dari Swiss, bahkan dalam setahun tak kurang ada 10 penghargaan dari berbagai negara”, ujar mantan aktivis ini.

Hanya saja, kata Arik, untuk menjadi siswa di sanggar lukisnya tidaklah mudah.  Harus melalui tahapan seleksi yang sangat ketat. Bahkan dari 100 pendaftar paling banter yang diterima cuma 15 anak, Saat ini pengakuan Arik, permintaan mengajar tidak hanya di Surabaya dan  Malang saja, Namun permintaan dari Jakarta juga cukup banyak. Tetapi ia belum bisa memenuhi, karena waktunya yang sangat terbatas. (Ali/Vet)

4 Komentar

  1. Sisca Hastono says:

    Selamat kepada Verena,semoga kedepannya makin bersinar. Sukses juga buat Daun sanggar lukis, dengan seleksi masuk sanggar daun yang ketat, saya boleh bangga anak saya bisa lolos seleksinya.

  2. Joko says:

    wah selamat ya Verena….

  3. yantosabun says:

    wuih hebat salut ma anak2 sanggar daun yg bgt hebat,selamat ya,jngn berhenti disitu,siapa tahu jd pelukis tersohor,

  4. lesmana kuas says:

    he he he hendra gunawan muda telah muncul

Tinggalkan komentar anda