Qosim Minta Pejabat Baru Segera Adaptasi


janji dan sumpah para pejabat saat pelantikan (foto:hms/portal-G)

PEMKAB (portalgresik.com) – Mutasi di lingkup Pemkab Gresik jilid 3 sudah dilaksanakan tadi siang, Jumat (1/7).  Pelantikan/pengukuhannya di aula Kantor Bupati, Jl Wahidin Sudirohusodo Gresik.

391 orang  pejabat mulai dari eselon II hingga eselon IV dan jajaran fungsional dikocok ulang untuk menempati kursi yang baru. Rolling pejabat eselon II (setingkat kepala dinas) hanya tiga orang. Di antaranya kursi Sekretaris Dewan (Setwan) DPRD berpindah dari Hari Sutjipto kepada Bambang Wibisono yang sebelumnya menjabat Camat Cerme.

Hari Sucipto selanjutnya menduduki pos kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Sedangkan camat Cerme diisi oleh Haris Irianto, yang sebelumnya  sekretaris Dinas Koperasi. Kemudian Kepala Dinas Tenaga Kerja yang sebelumnya Plt  Edy Purwanto, sekarang  sudah ditetapkan. Selanjutnya adalah mutasi untuk eselon III ke bawah.

Yang menarik, Bupati melakukan mutasi ini di tengah masih tarik ulur adanya interpelasi terkait mutasi jilid 2 lalu. Bahkan beberapa anggota dewan sempat mendesak agar mutasi jilid 3 dipending dulu, sebelum mutasi jilid 2 dibenahi

Tetapi  pada acara pelantikan tersebut,  terlihat pimpinan DPRD Gresik yang diwakili ketuanya, Zulfan Hasyim hadir.  Sehingga membuat pelaksanaan mutasi itu cukup menarik.  Apakah wakil rakyat sudah melunak ? Para inisiator interpelasi menepis anggapan itu. Mereka mengaku tetap menggulirkan rencana interpelasi.

”Hasil mutasi akan kami evaluasi. Apakah ada kesalahan atau tidak.  Jika tidak ada kesalahan maka interpelasi akan dihentikan, ” kata salah satu penggagas interpelasi, Uman kepada wartawan.

Sementara Wabup M Qosim dalam sambutan pelantikan/pengukuhan mengatakan jika pelaksanaan rolling jabatan itu murni untuk penyegaran di internal birokrasi.

”Segeralah beradaptasi dengan lingkungan baru.  Kinerja para pegawai akan dievaluasi.  Jika tidak  optimal mungkin akan dimutasi pada tahap berikutnya,” tegas  Qosim. (ril/vet)

Tinggalkan komentar anda