PT Intan Ustrix Batalkan Pembangunan Pabrik


MANYAR (portalgresik.com) – Penolakan warga terhadap pembangunan pabrik milik PT Intan Ustrix di kompleks perumahan Gresik Kota Baru (GKB) membuahkan hasil. Atas desakan warga yang melakukan unjukrasa Rabu (7/11), manajemen perusahaan pembuatan karton tersebut setuju menghentikan aktifitas pembangunan pabrik, sejak Rabu siang.
Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar seribu warga perumahan GKB menggelar unjukrasa di sekitar lokasi pabrik dengan jalan memblokade jalur pantura dan akses jalan Kalimantan GKB. Akibatnya kemacetan panjang di jalur pantura ruas jalan di Desa Sukomulyo dan Roomo, Manyar lumpuh total selama hampir 3 jam.
Setelah dilakukan negosiasi antara perwakilan warga dan manajemen perusahaan, akhirnya disepakati PT Intan Usrix untuk sementara menghentikan aktifitas pembangnan pabrik, yang sudah sampai tahap pemasangan tiang pancang.
Dalam surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani direktur umum PT Intan Usrix, Christian Adi, perusahaan minta waktu paling lambat hingga Pebruari mendatang untuk membongkar tiang pancang yang sudah terlanjur dipasang.
Sudarmadi, salah seorang wakil pengunjukrasa menyatakan, warga keberatan dengan pembangunan pabrik tersebut karena dinilai menyalahi rencana tata ruang wilayah (RT RW) setempat yang mestinya untuk kawasan permukiman, bukan kawasan industri.
‘’Selain itu mereka juga belum mengantongi ijin IMB,HO, dan amdal kok sudah nekat membangun,’’ ungkapnya.
Karena tuntutan warga dipenuhi, sekitar pukul 12.30, aksi massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib.(im/wok)

1 Komentar

  1. naufa says:

    hebat,,,,,,,org GKB bs menang melawan pabrik plastik.biasanya rakyat gak pernah menang melawan pabrik heeeeeee

Tinggalkan komentar anda