Penuhi Asam Fosfat, Petro Dirikan Pabrik Baru


GRESIK KOTA (portalgresik.com) –  PT Petrokimia Gresik (PKG) melakukan efisiensi dengan mendirikan pabrik asam fosfat di kawasan pabrik ZA, besok Sabtu (23/2).

Pabrik terlengkap di Indonesia ini akan memulai proyek dengan pemancangan tiang pertama (First Ground Breaking). Sedangkan dana yang akan terserap sekitar USD 160 juta  hektar.

Menurut  Dirut PKG, Hidayat Nyakman, Ground breaking pabrik asam fosfat ini untuk menekan impor 200 ribu ton asam fosfat yang didatangkan dari negara China, Rusia, Filipina, dan Kanada

“Harapan kami, pabrik asam fosfat yang dibangun kontraktor asal China Wuhuan Engineering ini dapat  beroperasi pada pertengahan 2015, “ ujarnya.

Ia menambahkan, keberadaan pabrik baru ini untuk memenuhi total kebutuhan asam fosfat sebanyak 600 ribu ton. Dari total itu, eksisting pabrik yang dimiliki Petrokimia Gresik hanya mampu memproduksi 200 ribu ton sejak 1985. Kekurangannya, 200 ribu ton disuplai dari join venture PT Petro Jordan Abadi. Sisanya, 200 ribu ton terpaksa diimpor dari negara lain

“Dengan adanya pabrik baru asam fosfat ini, kebutuhan asam fosfat sebanyak 200 ribu ton yang masih diimpor, nantinya bisa disuplai dari lingkup sendiri, “ urai Nyakman.

Seperti diketahui, pabrik yang dibangun oleh Wuhuan Engineering asal China mampu memproduksi asam fosfat sekitar 200 ribu ton. (vet)

Tinggalkan komentar anda