Prospek Semen di Kalimantan Menggiurkan


GRESIK KEBOMAS (portalgresik.com) – Prospek bisnis semen di Kalimantan ternyata sangat menggiurkan dan yang tertinggi di Indonesia. Tercatat, selama 2012, penjualan semen di pulau tersebut mencapai 4,07 juta ton, tumbuh 21,3 persen dibanding 2011 sebesar 3,36 juta ton.

Bahkan hanya selama Januari 2013 lalu, penjualan semen di Kalimantan sudah menembus angka 349.559 ton atau meningkat 19,1 persen dibanding Januari 2012 sebesar 293.575.

Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Dwi Soetjipto meyakini, pertumbuhan permintaan semen di Kalimantan akan semakin tumbuh lebih tinggi; Hal itu disebabkan, antara lain dengan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), dimana nantinya di Kalimantan akan dibangun jalan sepanjang 735 kilometer dengan investasi Rp 18 triliun.

“Padahal secara nasional, MP3EI memprogramkan pembangunan jalan sepanjang 5.940 kilometer dengan investasi Rp 744 triliun,” ujar Dwi melalui rilisnya.

Sehingga otomatis, kehadiran proyek-proyek infrastruktur jalan itu membutuhkan pasokan semen yang tak sedikit. Proyek baru itu, juga akan menjadi pemantik bagi berkembangnya sektor lain, seperti properti baik  residensial maupun komersial yang sangat membutuhkan semen.

”Karena itulah, kami mengantisipasi lonjakan permintaan pasar dengan memperbanyak packing plant agar bisa lebih dekat dengaan konsumen. Packing plant juga akan berdampak pada peningkatan pangsa pasar di daerah tujuan pemasaran kami,,” jelasnya. (win/vet)

Tinggalkan komentar anda