Spesialis Pencuri Truk Berhasil Dilumpuhkan Satreskrim Polres Gresik

  • Whatsapp
banner 468x60

PortalGresik.com  – Kepolisian Resort Gresik berhasil melumpuhkan pelaku pencurian dump truk nomor polisi W 8765 UA di wilayah Kecamatan Kebomas. Polisi terpaksa melepaskan tembakan kearah kakinya, karena sempat melawan ketika hendak ditangkap. 2 (Dua) pelaku berinisial AS (36) warga Desa Watestanjung Kecamatan Wringinanom Gresik dan MR (38) warga Desa Kembangan.

Dua pelaku pencurian dump truk berhasil dilumpuhkan

Menurut Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo SH. SIK. MH., didampingi Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Panji serta Kasubag Humas AKP Hasyim, saat Konferensi pers di halaman Mapolres Gresik, Rabu (05/02/20), keduanya menjadi otak pencurian, dalam kejadian yang berlangsung pada 20 Januari 2020 lalu.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo mengatakan, usai ada laporan dari masyarakat, pihaknya langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku. “Saat itu pelaku hendak menjual hasil curiannya. Pelaku terpaksa kami lumpuhkan karena melawan saat akan ditangkap.” tuturnya Kapolres Gresik.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, sebelum ditangkap kedua pelaku tersebut awalnya melintas di Perum Graha Bunder Asri Gresik melihat dump truk diparkir, melihat kesempatan tersebut kedua pelaku pulang lalu mengambil kunci T malamnya, pelaku tersebut berangkat dari rumah menuju ke TKP.

Saat lingkungan sepi pelaku MR bertugas mengawasi dari jauh, sementara pelaku lainnya AS melakukan aksinya dengan merusak kunci kontak dengan memakai kunci T. Selanjutnya kedua pelaku itu membawa kabur dump truk hasil pencurian melalui exit tol Kebomas. Sedangkan pelaku MR menyewa mobil lalu bersama-sama menuju ke Jember.

“Sewaktu kami mendapat informasi tersebut langsung bergerak ke Jember. Bersamaan dengan itu saat akan ditangkap kedua pelaku malah melawan akhirnya dilakukan penindakan tegas dengan melepaskan tembakan ke arah kakinya,” ujar AKBP Kusworo Wibowo.

Sementara pemilik dump truk Gatra Putra, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada jajaran Polres Gresik, karena mobil truknya bisa kembali dengan utuh dan tidak ada yang kurang sedikitpun. Menurut pemilik truk, dulu pernah dititipkan di daerah Suci, lalu supirnya merasa terlalu jauh, akhirnya dikembalikan. Tentu waktu kejadian pencurian perasaannya sedih sekali, tetapi setelah mendengar pelaku sudah dibawa dan diamankan Polisi menjadi sangat senang sekali.

“Apalagi dikembalikannya dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun,” tutur Gatra. “Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak polisi dan juga kepada Kapolres Gresik Bapak Kusworo atas kerja kerasnya dan telah berhasil mengungkap kasus pencurian ini,” ujar Gatra. “Terlebih lagi barang buktinya mobil truk juga sudah dikembalikan kepada saya selaku pemilik secara Cuma-cuma, dan tidak keluar uang sedikitpun,” tandasnya dengan nada gembira.

Atas perbuatannya menurut Kusworo Wibowo, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KHUP ancaman di atas 5 tahun penjara. (hari)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *